Sunday, October 23, 2011

Jangan meragukan diri sendiri.

sering kali saya berpikir, "Apakah saya bisa?" atau  "Ah, palingan yg saya buat ini salah".
saya memang termasuk orang yg sering meragukan sesuatu yg saya kerjakan. Entah itu pe-er, atau pekerjaan apapun. saya tahu apa yang saya ragukan belum tentu benar adanya. 

Bagaimana dengan kalian? pernahkah kalian begitu?
kalau iya, jangan lagi anda meragukan diri kalian. jangan hiraukan caci maki orang sekitar dan teruslah berusaha. (sok sok nasihatin orang saya ini, padahal sendirinya juga begitu. haha)
sekali lagi jangan meragukan diri sendiri (saya juga katakan ini ke diri sya). atau akan menyesal suatu hari nanti seperti kisah Nora Profit yang saya ambil dari sebuah buku (bukan copast tapi ketik ulang, beda kan? #keukeh) : 



suatu hari Nora Profit menonton pertunjukan musik Salome Bey yang sangat memesona. Namun sayang pengunjung yang datang dalam pertunjukan penyanyi kesayangannya tersebut hanya sedikit. Nora Profit begitu kecewa dengan hal ini, karena itu dia bertekad membuat artikel tentang Salome Bey di majalah Essence guna membantu mempromosikan Salome Bey. Bagai penulis ternama, Nora Profit menelepon Salome dan membuat janji wawancara dengannya. Singkat cerita Nora Profit melakukan wawancara dengan Salome. dia dibntu Barbara (temannya) yan bertindak sebagaifotografer. setelah melakukan wawancara, Nora Profit merasa begitu ketakutaan, dia merasa telah membohongi Salome dengan mengatakan akan menulis pada majalah Essence yang merupakan majalah nasional. Hal ini membuat tekanan batin yang teramat berat pada Nora. Namun dengan segenap tekad dia menyelesaikan artikelnya kemudian mengirimkannya kepada majalah Essence. tiga minggu kemudian Nora mendapat pengembalian naskah dari majalah Essence yang dikembalikan dalam sebuah amplop tulisan tangannya sendiri. Nora merasa hal itu suatu penghinaan. Dia memang merasa tidak mungkin bersaing dengan para penulis profesional yang memang mata pencahariannya adalah menulis. karena dia takut menghadapi surat penolakan maka tanpa membuka amplop itu dia memasukkannya ke almari  dan melupakannya.
Lima tahun kemudian ketika ia akan pindah dari apartemen yang dia huni untuk pindah ke Californa, Nora menemukan sebuah amplop tulisan tangannya sendiri. dia sudah melupakannya sehingga bertanya dalam hati bagaimana dia mengirimi dirinya sendiri dengan sebuah paket. Untuk menjernihkan misteri itu dia membuka amplop tersebut yang bertuliskan, "Yth. Nona Profit, cerita anda mengenai Salome Bey sangat luar biasa. Kami memerlukan beberapa kutipan tambahan. tolong tambahkan kutipan itu dan langsung kembalikan artikel ini. kami ingin menerbitkan cerita anda dalam edisi berikutnya".


Begitu terguncang dan kecewanya Nora menerima hal itu. ketakutannya pada penolakan haru dia  bayar mahal. dia kehilangan honor yang mencapai $500 waktu itu dan peluang artikelnya masuk majalah besar. Berangkat dari hal itu kini Nora tidak lagi meragukan kemampuannya dan kini menjadi penulis yang produktif.

*mumpung lagi bulan oktober, postingan ini pake bahasa baku dikit ga apa-apa kan?

3 comments:

  1. whahaa.. iya. bener percaya pada diri sendiri itu perlu. biar tidak menyesal nantinya.

    Nice Post ^_^

    ReplyDelete
  2. sangat bagus sekali info yang di tampilkan saya suka
    dengan info nya

    ReplyDelete

Bagi Pembaca yg tidak memiliki Google Account (bukan blogger), bisa anda gunakan format Name/Url. Masukkan nama anda di kolom Name dan masukkan url home Facebook atau TL twitter anda di kolom Url. Terima Kasih.