Saturday, November 26, 2011

Selamat Hari Guru

SELAMAT Hari Guru. Yah, emang telat, seharusnya saya mengatakan itu sehari yang lalu. 25 November diperingati setiap tahunnya untuk apresiasi terhadap kerja keras mereka menciptakan calon dokter, calon presiden, calon arsitek, calon guru, dan banyak kader2 masa depan lainnya.

Jasa seorang guru sangatlah besar, sangat mungkin kita tidak dapat membalasnya. Menjadi seorang murid yang serius ketika beliau menerangkan pelajaran, merupakan apresiasi yg besar bagi mereka.

Saturday, November 19, 2011

Bob Marley on how to Love a Woman



“You may not be her first, her last, or her only. She loved before she may love again. But if she loves you now, what else matters? She’s not perfect - you aren’t either, and the two of you may never be perfect together but if she can make you laugh, cause you to think twice, and admit to being human and making mistakes, hold onto her and give her the most you can. She may not be thinking about you every second of the day, but she will give you a part of her that she knows you can break - her heart. So don’t hurt her, don’t change her, don’t analyze and don’t expect more than she can give. Smile when she makes you happy, let her know when she makes you mad, and miss her when she’s not there.”

BOB MARLEY

Wednesday, November 9, 2011

Quote

"If you can't explain it simply, you don't understand it well enough." - Albert Einstein

Saturday, October 29, 2011

UTS : Ujian Tidak Serius

Terhitung telah 4 bulanan aku duduk di bangku kelas XI SMA. Setengah dari semester ketiga di SMA Jeumpa Puteh ini. Seperti di sekolah lainnya, momen pertengahan semester ini diadakan UTS (ujian tengah semester).
Karena di kelas dua ini aku telah memilih jurusan, jurusan IPA, tentu saja dari hasil UTS ini aku bisa tahu kalau aku itu cocok di jurusan ini atau enggak.




kegiatan UTS yg sungguh menyiksa ini berlangsung kurang lebih selama 1 minggu. Otakku dianiaya selama satu minggu, bayangkan. Ada malah, UTS kimia dan fisika dilakukan di hari yg sama. Gimana otak aku enggak minggat?!
Sungguh bukan perjuangan yg enteng, karena KKM (kriteria ketuntasan minimal) di sekolahku adalah 75. Batas KKM yg tinggi ini karena sekolahku, SMA Negeri 1 Jeumpa Puteh Banda Aceh, telah naik status menjadi 'Sekolah Unggul' semenjak dua tahun lalu. Bagiku yg merupakan seorang idiot super, harus mati-matian untuk tidak mati (hiperbola dikit, hehe). 


Sabtu tadi adalah pembagian rapor UTS. AKu deg-degan, takut sekali kalau banyak yg enggak tuntas. setelah menunggu sekian lama, namaku di panggil si Ibu guru. rapor itu enggak langsung aku buka. aku tarik napas dulu dalam-dalam, baca basmallah, dan...
Sial. satu pelajaran enggak tuntas, Sejarah. nilai sejarahku 73, minus 2 dari batas KKM.Tanggung banget, sungguh bikin gigit bibir. Aku memang lemah dalam pelajaran yg satu ini ( yg itu satu juga, yang itu juga, yang itu juga. oke, aku lemah di semua pelajaran). Karena kemampuan mengingatku sangat buruk, jelas sangat fatal untuk pelajaran sejarah.


Ini merupakan cambuk bagiku untuk berusaha lebih giat lagi untuk UAS kedepannya.

Friday, October 28, 2011

Dia Lebih Bodoh

Dari jarak puluhan meter dari rumah dia berlari dengan sangat bersemangat. Langsung memasuki rumah, membuka sepatu dengan cepat, lalu bergegas ke kamarnya di lantai 2. Tangga beralaskan kayu itu berdenyit keras karena dia menaikinya sambil berlari.


          “aku pulaaang~~” kata Nobita kepada Doraemon seraya menaruh tas sekolahnya di atas meja.
         Nobita yang biasanya selalu pulang dengan raut muka murung entah karena dijahilin Giant dan Suneo atau kesialan lainnya. hari ini raut wajahnya sangat ceria.
         “kelihatannya kamu gembira sekali..” kata Doraemon yang sangat menyadari itu.
         “Hari ini ada anak pindahan dari sekolah lain...”
         “ha ha ha, anak perempuan yang cantik ya?”
         “Bukan, anak laki-laki... sudah itu anaknya pendiam sekali...”

Sunday, October 23, 2011

Jangan meragukan diri sendiri.

sering kali saya berpikir, "Apakah saya bisa?" atau  "Ah, palingan yg saya buat ini salah".
saya memang termasuk orang yg sering meragukan sesuatu yg saya kerjakan. Entah itu pe-er, atau pekerjaan apapun. saya tahu apa yang saya ragukan belum tentu benar adanya. 

Bagaimana dengan kalian? pernahkah kalian begitu?
kalau iya, jangan lagi anda meragukan diri kalian. jangan hiraukan caci maki orang sekitar dan teruslah berusaha. (sok sok nasihatin orang saya ini, padahal sendirinya juga begitu. haha)
sekali lagi jangan meragukan diri sendiri (saya juga katakan ini ke diri sya). atau akan menyesal suatu hari nanti seperti kisah Nora Profit yang saya ambil dari sebuah buku (bukan copast tapi ketik ulang, beda kan? #keukeh) : 



suatu hari Nora Profit menonton pertunjukan musik Salome Bey yang sangat memesona. Namun sayang pengunjung yang datang dalam pertunjukan penyanyi kesayangannya tersebut hanya sedikit. Nora Profit begitu kecewa dengan hal ini, karena itu dia bertekad membuat artikel tentang Salome Bey di majalah Essence guna membantu mempromosikan Salome Bey. Bagai penulis ternama, Nora Profit menelepon Salome dan membuat janji wawancara dengannya. Singkat cerita Nora Profit melakukan wawancara dengan Salome. dia dibntu Barbara (temannya) yan bertindak sebagaifotografer. setelah melakukan wawancara, Nora Profit merasa begitu ketakutaan, dia merasa telah membohongi Salome dengan mengatakan akan menulis pada majalah Essence yang merupakan majalah nasional. Hal ini membuat tekanan batin yang teramat berat pada Nora. Namun dengan segenap tekad dia menyelesaikan artikelnya kemudian mengirimkannya kepada majalah Essence. tiga minggu kemudian Nora mendapat pengembalian naskah dari majalah Essence yang dikembalikan dalam sebuah amplop tulisan tangannya sendiri. Nora merasa hal itu suatu penghinaan. Dia memang merasa tidak mungkin bersaing dengan para penulis profesional yang memang mata pencahariannya adalah menulis. karena dia takut menghadapi surat penolakan maka tanpa membuka amplop itu dia memasukkannya ke almari  dan melupakannya.
Lima tahun kemudian ketika ia akan pindah dari apartemen yang dia huni untuk pindah ke Californa, Nora menemukan sebuah amplop tulisan tangannya sendiri. dia sudah melupakannya sehingga bertanya dalam hati bagaimana dia mengirimi dirinya sendiri dengan sebuah paket. Untuk menjernihkan misteri itu dia membuka amplop tersebut yang bertuliskan, "Yth. Nona Profit, cerita anda mengenai Salome Bey sangat luar biasa. Kami memerlukan beberapa kutipan tambahan. tolong tambahkan kutipan itu dan langsung kembalikan artikel ini. kami ingin menerbitkan cerita anda dalam edisi berikutnya".


Begitu terguncang dan kecewanya Nora menerima hal itu. ketakutannya pada penolakan haru dia  bayar mahal. dia kehilangan honor yang mencapai $500 waktu itu dan peluang artikelnya masuk majalah besar. Berangkat dari hal itu kini Nora tidak lagi meragukan kemampuannya dan kini menjadi penulis yang produktif.

*mumpung lagi bulan oktober, postingan ini pake bahasa baku dikit ga apa-apa kan?

Tuesday, October 4, 2011

Quote

"Knowing is not enough, we must apply. Willing is not enough, we must do."
- Bruce Lee

Friday, September 23, 2011

Cerpen #2: Someday I'll Will Be Good Enough

Sewaktu masih SMA, aku menyukai seorang perempuan. sebut saja namanya ABC. tapi aku selalu memendamnya dalam hati. ini wajar, dia punya segalanya, sedangkan aku bukan siapa-siapa. membuatku malu untuk bisa berkata jujur. kau tahu, merahasiakan ini terus, rasanya seperti... umm... ada sakit dari dalam...
tapi dia memberiku semangat. AKU TIDAK AKAN MENYERAH.

###
-Perpisahan Perisai Kesatria-
Waktu berlalu begitu cepat... sejak perpisahan SMA, aku tak melihatnya lagi.

###
aku belajar computer science, mengeksplorasi selusin bahasa pemrogaman dalam setahun.
memberi kontribusi pada banyak software-software open source. dan banyak project-project pribadiku di github menjadi yang paling populer disana.

sampai akhirnya...
###
aku memutuskan merantau ke USA. belajar banyak hal di Silicon Salley, dan banyak bertemu dengan smartest minds di berbagai bidang. sambil melakukan banyak project sangat seru disana.

aku juga membangun starup-ku sendiri, dan salah satunya di akusisi google senilai $ 90,000,000.

perusahaanku bertambah besar dan sukses.
setiap hari, aku luangkan untuk menulis. aku punya situs tersendiri tentang itu. yang pada akhirnya karya-karyaku dibukukan, dan masuk New York Times Best Seller.

###
aku sering mengunjungi berbagai negara, berbicara di depan lebih dari 1.000.000 orang dalam setahun.
dan hasilnya ku investivasikan untuk remaja2 yang akan membangun starup company mereka.

aku membangun badan amal sosial sendiri, berkunjung ke berbagai negara miskin. dan membantu anak-anak untuk bisa tetap bersekolah.


berlari sejauh 15 km setiap hari untuk membuatku tetap bugar. dan komitmen untuk menaikkannya.

juga belajar alt musik, dan melatihnya sesering mungkin. itu sangat menyenangkan.

###
Suatu hari...

saat aku mengecek inbox, seseorang mengirimku email. aku sangat mengenal siapa pengirimnya, Dia, ABC...
kami mengobrol banyak hal, tapii intinya salah satu teman baik dia, dan juga teman sewaktu SMA-ku akan menikah.

"wah, ga nyangka ya udah 7 yahun ga ktmu. tau2 udah banyak yg berkeluarga.." katanya via chat.
"iya, ya... apalagi berkeluarga juga ga jauh sama temen sendiri... haha" balas ku.
"mmm"
"????"
"hehe, aneh enggak sih, kalo tiba2 ngerasa kayak waktu SMA dulu. suka sama orang, tapi malu-malu. cuman bisa dipendem sendiri."
"termasuk lu?"
"kayaknya semua orang pernah gitu deh. emang kamu ga pernah? haha"
"enak aja. pernah lah"
"wkwk... emang sama siapa?"
"rahasia lah. haha"

Tiba-tiba muncul sebuah ide. aku mengirimkan pesan enkripsi dengan public key pribadi. Pesan yg sangat penting.

dia selalu nanya, gimna dia mau men-dekript pesan yg ku kirim, sementara dia tidak punya private key ku. aku menjawab "kalau penasaran, itu tugasmu untuk mencari tahu... hehe"

###
Besoknya, aku pulang ke Indonesia, dan akan menemuinya, aku ingin mengatakan sesuatu. "ngomong... nggak... ngomong... nggak... ngomong gak ya?"

###
"Wah, baru dateng... gimana kabar?" katanya menyambut kedatanganku.

"mmm... aku mau ngomong sama kamu. aku sebenernya udah lama suka ama kamu... tapi aku enggak berani, dan sampai saat ini salah satu yang membuat aku semangat buat melakukan banyak hal, bahkan aku belajar main gitar... itu buat kamu... aku enggak tau apa itu cinta, tapi aku sadari belum lakukan dari dulu adalah bilang kalau... aku suka sama kamu." akhirnya aku berani mengatakannya.

".... sebenernya kamu udah berhasil sejak awal. tau nggak, orang yang aku suka waktu SMA itu orang yang sama ada di depan aku sekarang... tapi..."

Hancur rasanya saat mendengar itu. yang aku harapkan saat itu satu, semoga dia tidak bisa meng-crack pesan enkripsi yang aku kirimkan.

Ekspektasi ku meleset...

setiap malam, dia mencoba berkali-kali...
sampai suatu hari, dia membuat terobosan... dia berhasil.

aku tak bisa membayangkan, saat dia berhasil meng-crack pesannya...

- - - Begin Message - - -
WILL YOU MARRY ME?
- - - End Message - - -

Yang pasti, aku akan merasa sedih.

###
aku belu pernah nonton film korea, tapi hari ini membuatku yakin, kehidupan nyata tak seindah drama di film manapun yang pernah ada.

###

i want to be good enough to make you fell confident
but all things i have are just ordinary
the truth is you still hestitate
you have'nt given me your whole heart
i'm worried that you'll find someone else whom you love too

so i just wish you
just dont confess your love to anyone else
can you wait for me?
the day i'll be good enough (for you)
please give me some time
it probably wouldn't take too long

please wait for me anyway
and i must take it happen
there'll probably be someday
just dont give your heart to anyone else
please wait for me annyway
pelase wait for me
would you please wait  for me?

Saturday, August 20, 2011

Cerpen #1: Tamu Agung

ketika itu semua orang terlihat sibuk, lebih-lebih keluarga kami, ayahku sudah hampir sebulan disibukkan oleh persiapan untuk menerima tamu agung. Orang-orang menyebutnya “Penghulu atau Raja”. Hari itu puncak dari segala kesibukan dibanding hari-hari sebelumnya. Orang-orang di kampungku tampak gembira sekali. Tamu agung itu akan segera datang menyalami semua warga kampung, semua diliputi kegembiraan, hingga diumumkan kalau rumah siapa tamu agung dijamu makan bersama. Agenda penjamuan sengaja dipilih secara acak sebagai surprise bagi para “pencinta”nya, hati dag dig dug kian memenuhi warga desa, apalagi detik-detik pertemuan sebentar lagi akan berdering. Setiap rumah mempersiapkan makanan yang belum pernah dimasak untuk dijamu di hari-hari sebelumnya dalam keluarga. Semua warga desa tiada yang iri, benci, apalagi berkecil hati. Para tamu agung itu seolah milik mereka bersama untuk dijunjung tinggi, dicintai dan disayangi.
         Para tertua kampung dengan pakaian serba indah dan dironai wewangian, lalu berduyun-duyun mereka menjemput sang Raja di dermaga. Hari sudah menunjukkan tanda-tanda berakhir, ditandai akan segera berganti malam, ufuk sudah memperlihatkan merahnya yang akan menenggelamkan sang mentari ke peraduan. Tidak sesosok perahu pun yang nampak mendekat. Suasana semakin hening, hati mereka bertanya-tanya pada waktu yang dijanjikan itu. Para ibu dan anak-anak di rumah sudah siap menerima kabar kedatangannya. Tidak ada HP yang mati saat itu, waktu ditunggu-tunggu bahwa sebentar lagi SMS dari ayah mereka yang menunggu di pelabuhan itu akan segera mengabarkan kalau penghulu kita akan segera menepi.
         Semakin malam, suasana semakin meriah, ramai, riuh dan rasa gembira tiada  tergambarkan. Wangi-wangian tercium di mana-mana, dari anak kecil hingga tua renta. Meunasah-meunasah dan mesjid-mesjid sebagai tempat pertama menyambut kedatangan sang penghulu telah dipenuhi sesak oleh penciptanya. Setiap ada deringan HP, suasana langsung menjadi hening, jangan-jangan ada kabar kalau penghulu sudah disambut oleh tertua-tertua di dermaga.
         Namun malam semakin gelap, gemerincing, air laut di dermaga itu nyaris tak terdengarkan, karena gaduhnya para pencinta yang saling bertanya-tanya. Tiba-tiba mereka dikejutkan oleh secercah sinar nun jauh berlayar di atas garis horizontal laut. “Alhamdulillah”, teriakan puji-pujian kepada Allah membahana di dermaga itu. Ada langsung sujud syukur atas kedatangan penghulu yang dinanti.
         Tanpa pikir panjang, HP yang sudah memanas genggaman pun dinyalakan, SMS pun berhamburan dan bertaburan dikirimkan kepada mereka yang berada di mesjid-mesjid. Semua menyambut dengan gembira, Marhaban… Marhaban… Marhaban… teriakan di mesjid-mesjid semakin bergemuruh, kesibukan semakin memuncak, mempersiapkan pertemuan yang diimpi-impikan dan menunggu gelas-gelas akan berdenting mengikat hati para pencinta untuk tidak lepas menabur cinta, melepas rindu, dan menangis melepas bahagia.
         Begitulah hari pertamanya mereka bermandikan bahagia, melumuri jiwanya dengan cinta dan asmara.
         Bagiku, urusan seremonial tidaklah begitu menarik perhatian, waktu harus dibagi-bagi, jangan sampai larut dalam satu kebahagiaan. Biarlah orang sibuk dengan cintanya, aku punya kesibukan lain yang harus kuselesaikan, ada tanggung jawab yang mesti kuperhatikan, dan ada orang-orang yang harus kulayani sebagai pekerja social.
         Sekedar sesuatu yang harus menghormati, aku telah melakukannya, telah mempersiapkan sesuatu seadanya, dan telah menyambutnya secara bersama-sama. Walaupun aku tahu, bersama-sama dengan “Raja” yang diagungkan jauh lebih  bermakna dari keperluan pribadi kita, namun pikiran itu kutepis begitu saja, mungkin karena perasaanku mengatakan kalau hubunganku dengannya memiliki jarak dibandingkan dengan orang-orang lain yang menyambutnya, rasanya begitu besar penghalang yang membatasi sehingga cintaku sulit menyatu dengannya. Dan kutahu, orang lain juga merasakan hal yang sama. Namun mereka lebih cenderung memaksa diri merebut hati sang Raja yang penuh kasih saying itu.
         Sama sekali bukan watakku untuk senantiasa, luluh di hadapan meskipun dia seorang raja, sehingga kuputuskan bahwa cukup di lain waktu saja aku menyirami cinta yang belum pernah tumbuh ini. Hari-hariku kulalui sebagaimana adanya, walaupun agak berseberangan dengan teman-teman yang lain yang fanatic tulen.
         Hari pun berganti, saat perpisahan pun kini tinggal satu hari lagi, aku merasa tidak enak karena terlalu lama menjauhi mereka, akhirnya kuputuskan untuk bergabung. Kupersiapkan sesuatu yang diperlukan untuk malam besok sebagi malam yang haru dan sendunyawarga desa.
         Esoknya setelah shalat Isya, sang Raja pun berpidato. Dalam pidatonya, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada orang-orang yan telah melayaninya.
         “Saudara-saudaraku hamba Allah Rabbul Izzati. Sudah sebulan aku bersamamu, aku ketahui bagaimana hatimu padaku, bagaimana cinta dan sayangnya engkau padaku, engkau tak pedulikan keter-usik-an tidurmu, malam-malammu engkau habiskan untuk menemaniku, engkau kini menangis karena takut akan perpisahan seperti ini terjadi, engkau sabar atas segala pekerjaan yang aku pikulkan padamu, sehingga begitu terasa cintaku mekar untuk kusemat di setiap keberadaanmu, begitu juga yang lainnya, engkau semua adalah milikku, wahai saudaraku”.
         “Insya Allah tahun depan kita akan kembali bersama merajut cinta lagi, tunggulah aku bersama rindumu, untuk kita nikmati kebersamaan terindah seperti ini. Jika umur kita panjang, tentulah gelas ini akan berdenting kembali merayakan kemenangan gemerlapnya cahaya yang menghiasi jiwa kita untuk saling memadu cinta”.
         “karena itu, sebagai Raja, aku akan menghadiahi engkau semua. Mintalah apa yang engkau inginkan, niscaya aku akan berikan”, lanjut sang Raja.
         Tiba-tiba di antara kerumunan itu, berdirilah seorang temanku dengan wajah lusuh diderai air mata, diliputi sedih dan dirundung rindu, lalu berkata : “wahai kekasihku, tiada lebih baik bagiku engkau tinggalkan sesuatu untukku, cukuplah cintamu saja agar engkau timpakan pada setiap rinduku. Sebagai bukti cintaku padamu, dan bukti cintamu padaku, izinkan aku memelukmu erat-erat karena aku sangat takut… takut takkan bertemu engkau lagi”.
         Dan bergegaslah ia menghampiri sang Raja yang bijaksana, dengan air mata kian bercucuran. “Aku telah memiliki dirimu oh kekasihku… “. Desisnya layu, seraya memeluknya erat-erat dan sang Raja memandangnya dengan pandangan penuh cinta, sehingga para hadirin terkesima dan turut meneteskan air mata pula.
         Dan satu-persatu para hadirin menghampiri sang raja, dan mengatakan bahwa mereka semua juga menginginkan hal yang sama, yaitu Cinta… tidak lebih. Satu demi satu berdiri dan menghampiri sang Raja, lalu memeluk dan menciumnya dengan pelukan dan ciuman penuh cinta dan kasih saying, begitu juga sang raja tanpa melepaskan kesempatan yang haru itu. Semua cinta milik mereka, semua suka dan duka milik mereka, untuk mereka nikmati bersama.
         Giliran selanjutnya jatuh di tempat dimana tempat dudukku, dan aku bangun dengan hati yang kecut, kecil dan cinta yang kunodai. Kupeluk erat-erat sang Raja, dan ia membalasnya juga, lalu ia memandangiku dengan pandangan penuh cinta juga, tapi aku merasa sangat malu, aku sembunyikan wajahku di antara jubah-jubahnya yang semerbak wangi dan bersih. Air bening itu keluar menetesi jubah sang Raja, pilu, sedih, menyesal seakan memenuhi pori-poriku. Pelukan itu adalah pelukan yang belum pernah kurasakan, yaitu pelukan yang lembut dan kasih saying. Berjuta-juta perasaan hadir disana, membayangkan begitu berartinya pertemuan di akhir perjumpaan ini. Namun alangkah menyesalnya selama ini kelembutan belaian yang penuh cinta itu telah banyak direbut orang.
         Sudah terbagi. Andai kata semua kelembutan dan cinta itu utuh ku miliki dari awal pertemuan itu. Saat dentingan gelas jamu makan dulu aku menyambutnya, sungguh sangat berarti hidup ini. Tiada pilihan lain selain kuucapkan selamat jalan…
         “Selamat jalan… selamat jalan… selamat jalan…”, ucapku lembut, lirih, pilu.
         “Selamat jalan wahai Raja segala bulan, wahai penghulu segala bulan, SYAHRUR RAMADHAN”.

(Samsudin, 12 sep 08 M/12 Ramadhan 1429 H)
         

Sunday, August 7, 2011

tips Khatam Al-Qur'an tanpa pesimis

Assalamu 'alaikum, kawan. (ga jawab, dosa!)

Marhaban Ya Ramadhan. alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dgn bulan yg penuh rahmat ini. *nada ustadz*  *benerin peci*
hmmm, ada yg lg ngejalanin proyek khatam Al-Qur'an ga? udah sampe juz berapa?
ngomongin tentang khatam Al-Qur'an, aku punya tips biar kalian ga pesimis ketika meng-khatam Al-Qur'an.
nah, kalo dilihat sekilas Al-Qur'an itu kan tebel bgt ya?  hayoo, siapa yg  udah pesimis duluan ga akan bisa khatam? Padahal kalo kita pecah jadi goals yang kecil², kita bisa “makan” itu GOALSnya.

coba pikir, Al-Qur’an itu kan 30 juz, jadi kita pecah jadi 1 juz perhari. Jadi goals harian: 1 juz. Lalu, 1 juz itu 20 halaman (silakan di cek, ini salah satu contoh aja, bisa lebih bisa kurang). Nah, dibagi 5 waktu sholat, jadi deh per waktu sholatnya 4 halaman! Nah, jadi gampang kan khatam satu Al-Qur’an dalam sebulan??

gimana? mudahkan? so, janganlah sia-siakan bulan penuh rahmat ini dengan tidur2an doangs.


Daaan, mumpung dalam suasana ramadhan, aku pengen minta maaf. karena mungkin sering buat kalian marah ketika buka blog kurap ini, sampe ingin meninju layar monitor komputer. maav yahh..

sori yah, cuma bsa nulis short post gini, soalnya udah larut malam ini, takutnya ga bangun sahur nanti.

overall, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah dalam bulan puasa semoga semua ibadah sobat semua diterima amin.

Saturday, July 30, 2011

tentang murid

 selama ini aku udah sekolah 11 tahunan, TK, SD, SMP, sampe sekarang SMA. selama itu jugalah aku udah bertemu dgn segala macam jenis murid. diantara semua jenis itu ada beberapa jenis yg selalu diinget sama si guru.
 menurut penelitianku selama menjadi murid dari dulu hingga sekarang, murid yg paling diinget ama gurunya itu ada beberapa jenis:


1. Murid yang buandel buanget!
murid jenis ini terkenal karena terus-terusan buat masalah. murid jenis ini akan diinget sepanjang masa! bahkan dapat membuat seorang guru trauma. (aku ga masuk jenis ini ya kan? ya kan?)
2. Murid yang masam maksimal!
maksud 'masam' disini artinya bukan murid yg ga mandi bertahun2 sampe keteknya asem, bukan. tapi maksudnya adalah murid yg rajin bgt. nilai bagus, rajin nanya, ngerjain PR atau paling ga rajin disuruh ke kantin ama gurunya buat beli makanan. (nah, jenis ini nih yg bagus dan patut ditiru. tapi juga sekaligus yg paling susah).
3. Murid yang tak sedap dipandang.
entah badannya kurus, matanya sipit, rambut acak2an, ekstra kurang atau ekstra lebih, tak sedap dipandang dan semacamnya, itu juga faktor gampang diinget. (lho? kok di jenis ini, ciri2 aku semua yak?)


mau jadi murid yg selalu diinget guru? enteng! silahkan pilih mau jadi jenis yang mana, kalo menurut aku sih jenis nomor 1 yg paling mudah... hehe.


###
next post aku bakal obrolin tentang puasa, see ya!

Sunday, July 24, 2011

Talking About the Weather

Membicarakan cuaca.

Cuaca bagi kami adalah metafora. Menanyakan cuaca menjadi ungkapan tersendiri yang digunakan untuk menanyakan kabar, dan juga saat masing2 pihak menyimpan hal lain yg gentar diutarakan.

Namun aku tidak ingin batinku meringis karena berbohong, yg sekaligus membuat hatinya tergugu karena telah dibohongi. Walaupun menampilkan cerah yang tak sejati lebih baik drpd awan mendung, aku akan jujur.

“bagaimana cuacamu, Kautsar?”
“aku biru, aku kelabu.”

Wednesday, July 6, 2011

Sedikit ttg SMA..


Akhirnya setelah berabad-abad, ngeblog lg jg. Sori kawan, liburan ini kebanyakan aku habisin buat berhibernasi (emagnya beruang pake hibernasi sgala?). Pernah sih ada rncana buat ngeblog, baru nulis satu paragraf, eh, udah ter- klik ke halaman facebook, twitter, dll yg tentunya bikin lupa niat buat nulis (katanya ter-klik tp kok banyak?). maka oleh karena itu, aku mohon maaf sebesar-besarnya karena telah mnjd blogger pemalas.

"Kenapa emangnya jarang ngeblog, sibuk?" Kagak, kegiatan plong2 aja. "Trus kenapa?" Nah, karena ga kenapa2 lah aku minta maaf. *jabat tangan* *tangan kiri* * baru selese boker* *belum cuci tangan* *HOEEKK!!*


 







Ga berasa liburan udah hamper selese, jg ga berasa kalo aku udah setahun di SMA. Kenangan selama menjadi murid kelas satu? Banyaak! misalnya pengalaman ktka masa orientasi sekolah (MOS), dimana ga ada satu pun yg kukenal disitu (FYI: dr SMP-nya aku yg sblumnya, cuma aku sndiri murid lelaki yg lanjut ke skolah ini). Untungnya, aku ktemu dua makhluk yg tidak beruntung yg kayaknya pas utk ngemulai koneksi pertemanan dgn yg lain, dan yg paling penting nampaknya mreka org pandai
yg berarti bsa dimanfaatkan kalo ujian, HUAHAHA. *Hoi kalian berdua! Udah aku puji kalian disini, besok jgn lupa uangnya!*

Di SMA jg lah aku mengetahui kalo tidur di kelas itu bakal ngebuat kamu ga ngerti apa yg dijelasin guru (ya iyalah!). ngomongin soal tidur dikelas, kayaknya aku udah terlampau sering sangat keterlaluan. Apalagi kalo kelas sore, si guru asik ngejelasin dgn semangat 45, eh, aku malah sibuk ngebuat peta pulo sumatera (maafkan anakmu ini, ibu!). makanya adek2 kelas satu yg baru, kalo kalian masuk ke kelas di lantai satu yg paling depan. Trus nemu meja di sudut kanan depan, nah, jagalah baik2 peninggalan artefak ( baca: ileran) abangmu ini.


 

Namun ada satu hal yg mengusik batinku kini (hallah..), kemampuanku utk make dasi sangatlah buruk. Kadang mereng2, kadang bentuk simpulnya ga segitiga, atau bahkan kadang bikin kecekik. APAKAH INI PERTANDA KALO AKU GA BISA JD ORANG HEBAT?!

Tapi itu bukan masalah ktka aku kelas satu, tp nanti aku bakalan jd anak kelas dua, mau dikemanain harga diriku? Kan malu kalo ke kantin, trus dilihat ama anak kelas satu, mereka bakal ngomong,"jiah! Senior apaan nih! Make dasi aja ga becus!" Oke kalo aku bisa sabar, kalo engga pasti mereka udah aku cekik pake dasi.


 

Overall, aku niatnya di kelas dua nanti, bisa ngebuang smua kejelekan (kalo jelek tampang emang udah ga bisa) yg dulu. Jg akan mncoba utk lebih kritis dan antusias. *amin*

Buat kalian, nikmatilah liburanmu, refresh semua bagian dari diri kamu, biar nantinya semangat ketika sekolah kembali.


udah sore nih, mandi dulu ah~ 



Saturday, June 11, 2011

Kurus pangkal kekar dan obat kengenesan

seperti yg aku katakan dalam postingan sebelumnya, aku semakin kurus gara2 musim ujian ini. hm, tapi tahukah kalian kalau kurus itu bisa dikatakan hebat?!
jawabannya: IYA!! KURUS ITU HEBAT!
kalian kaget? wajar. lapar?  makan dong!

pengen kekar kayak Ade Rai? utk membentuk badan yg kayak gitu, lebih mudah dilakukan oleh org kurus drpd orang gemuk.

well, menurut aku kalau org gemuk butuh perjuangan panjang utk membentuk tubuhnya menjadi kekar.mereka butuh diet yg penuh penderitaan, serta olahraga yg over worked krn banyaknya lemak untuk dihilangkan
sedangkan bagi orang kurus, membentuk badan itu termasuk agak mudah. kenapa? mereka hanya butuh untuk makan lebih banyak. dan ktk berat badan mereka mencapai kecukupan untuk pembentukan badan, mereka tinggal melakukan olahraga yg pastinya porsinya lebih rendah dr org gemuk.
maka dengan ini aku menyatakan bahwa: KURUS pangkal KEKAR. (dilarang membantah).

***
hal yg paling aku utamakan skarang setelah ujian selese adalah MEMBERI KEHIDUPAN YG ADIL DAN BERADAB UTK OTAK. utk mewujudkn itu aku butuh obat yg pas untuk mengurangi kengenesan yg dialami otakku. dan aku memilih utk melanjutkan kgiatanku yg dulu, membaca komik dan novel (drpd cuma garuk2 kaki kerjaannya).
inilah komik yg pernah aku baca dan sekarang ceritanya udah jauh bgt ketinggalan:
1. Fight Ippo! (Hajime no ippo)
manga (komik jepang) ini menceritakn kehidupan seorang petinju bernama 'ippo'. slain penuh dgn teori tinju juga dibalut dgn sentuhan komedi, shingga ga jd bacaan berat malah bsa bikin ngakak.
ini salah satu manga yg menurut aku ceritanya  sangat panjang. knp ga? volume komik ini udah lebih dr 100, GUBRAAK! kalau aku sndiri masih di volume 82, ktk si ippo melawan malcolm gedo. aku lebih milih bacanya melalui komiknya langsung, soalnya kalo baca online cuma ada di mangafox itu pun pake bhs. inggris. kan berabe, baca komik sambil buka kamus.



2. Naruto
kalau yg satu ini siapa yg ga kenal? komik ninja karya Kishimoto ini konsepnya keren bgt dah. ga anak2, remaja, ama dewasa, smua pernah baca beginian. krn kesibukan yg amat sangat akhir2 ini (sibuk garuk2 kaki), cerita naruto ini udah ga ke update lagi ama aku, masih di vol 51 huhu.







tadi ktk pulang sekolah sempat nge-rental (iya, ga sanggop beli) satu novel karya Dewi Dee Lestari, judulnya "Filosopi Kopi," belum selese baca, baiklah mau lanjutin baca dulu. see ya, pren!

Tuesday, June 7, 2011

Postingan disela-sela coret2 buku

YO!!!
ke-update juga akhirnya nih blog. sorri aku lg sibuk (ehm),
itu betul aku lg ngehadapin UKK (ujian kenaikan kelas). jadinya aku capek bangetz (sampe harus pake 'z'), harus belajar trus sampe ubanan, makanya aku ga heran kalau badanku semakin kurus, semakin mirip alien.
OH NO!!

aku ngehadapin ujian2nya sih kadang2 lancar, kadang2 mampet. kebanyakan aku ngelakuin tips dari postingan sebelumnya, biar keliatan lancar gitu. begitulah lika-liku pelajar ga jelas.
hari ini,  ujiannya pelajaran kimia, sejarah, ama geografi. mungkin kalau dianalogikan, gini kali laporan ujiannya:
 a. Kimia = 35% kemampuan sendiri, 30% cap-cip-cup-kembang-kuncup, dan 35% bisikan setan
 b, sejarah = 65% karangan bebas, 20% cap-cip-cup, dan 15% bantuan doa.
 c. geografi = 35% kemampuan sendiri, 20% bantuan doa, dan 45% termenung nunggu sugesti.

hm, sebenarnya aku berharap masuk jurusan IA (ilmu alam), tapi kayaknya ujian biologi aku hancur gila deh.
kalau satu pljarn ipa ga tuntas ga bisa deh masuk jurusan IA, masuk IS dan kujadi penerus gayus (jus kiding).


"jurusan alam atau sosial itu menurut aku punya kelebihannya tersendiri. jika kita masuk jurusan alam, cita2 menjadi dokter atau arsitek itu akan kebentuk dasar2nya jadi ketika kuliah akan lebih mudah gitu nyerap ilmunya. kalau masuk jurusan sosial, org yg punya cita2 jd accounter atau pengacara akan diuntungkan karena dasar2 pekerjaan mereka dapat dipelajari sehingga ktk kuliah ga terlalu lambat nangkep ilmunya." begitulah teori oppurtunity cost versi alien ganteng.

musim warming otak (baca= ujian) ini bakal berakhir hari kamis besok.  ane bakal ngehadapin sosiologi, pkn, ama tik. aku akan belajar keras sekuat tenaga supaya ga nyesal nantinya. yg pasti liburan ini, aku bakal istirahatin otak ini dulu, lepas otak dr kepala, masukin ke kulkas (jgn heran, ane  kan alien)



mau lanjut belajar nih (baca: coret2 buku)



Wednesday, June 1, 2011

Cara Menulis Komedi

pertama-pertama, aku sekarang pake font Trebuchet (emang, ga penting)
entah kerasukan apa aku hari ini, bawaannya aku pengen nge-post suatu yg berguna. mungkin biar blog ini ga sumpek ama semua mahakarya sampah buatanku. jd gini, di twitter aku yang deficit follower itu, aku banyak nge-follow penulis2 gitu. kayak Raditya Dika, Ferdiriva, Adhitya Mulya, dll. twiit dari mereka tuh keren2 banget, kadang ada info2 keren. 
kayak gini nih contohnya, twit dari akun twitter Raditya Dika (@Radityadika). ini asli tulisannya dia, aku cuma nyambungin twit-twit nya yg satu-persatu jadi beberapa paragraf.
Cara Menulis Komedi (by Raditya Dika)
Udah lama bgt gak ngetwit ttg tips2 nulis.. Buat calon2 penulis mau gak? Mau ngobrolin tentang apa?

Banyak yg minta ttg cara nulis komedi ya.. Okeh.. Gue coba dari paling fundamentalnya menurut gue: stand up comedy ya. Gue berpikir tiap org yg mau nulis komedi paling ga harus paham dulu stand up comedy dan bagaimana jokes dikonstruksikan didalamnya. Bagi yg blom tau, stand up comedy adalah salah satu bentuk melawak dgn cara bicara sendirian di depan orang banyak. Stand up comedy bisa dibilang semacam monolog, namun dengan struktur lebih rapih, lebih fast-paced, dan (biasanya) lebih singkat. Bagi yang penasaran bisa coba lihat di youtube search aja “stand up comedy” ada banyak banget contohnya.. Perhatiin, ini dasar komedi. Stand up comedy sebenarnya muncul dari Inggris pada abad ke 18 – 19, namun mendapat popularitas yang cepat dari perkembangannya di US. Orang yg melakukan stand up comedy disebut sebagai juga “comic”, satu kesatuan lawakan = “set” dan masing2 jokes = “bits”. Ga semua calon penulis komedi di indonesia paham stand-up comedy krn 1) ga tahu, atau 2) tahu tapi ga ngerti karena kendala bahasa. Kalo emang gak ngerti gara2 kendala bahasa, calon penulis mending belajar bahasa inggris deh.. :p. belajar bhs inggris membantu bukan hanya u/ paham stand up comedy tapi juga u/ baca tulisan2 asing sbg bahan pengayaan tulisan kita..

Balik ke stand up, Isi lawakan dlm stand up comedy macem2, biasanya bercerita tentang observasi dan pengalaman pribadi sang komedian. Masing2 komedian/comics punya ciri khasnya sendiri, George Carlin misalnya lebih ke menggerutu dan sering nyerempet ke religi. Jerry Seinfeld lebih “bersih” tanpa sumpah serapah, sebaliknya Richard Pryor isinya menyumpah dan mengumpat2. Dave Chappelle berbicara ttg org kulit hitam, Margareth Cho bicara tentang politik dan perempuan, Ellen DeGeneres ttg kehidupan modern. Yang keren Robin Williams, banyak org bilang stand up comedy dia semuanya improv dan tidak dihafalkan.. On the spot lawakannya keluar! Mitch Hedberg jokesnya “one-liner” yaitu hanya sekalimat2. Masih banyak yg lain. Semua komedian tadi ada di youtube, bisa liatsendiri.. Pahami gmn stand up comedian ini menyalurkan "persona" mrk menjadi lawakan. Oke, sekarang pertanyaannya: knp stand up comedy harus dipahami oleh seorang penulis komedi? Kan mediumnya berbeda? Karena eh karena. Stand up comedy membantu kita memahami anatomi paling dasar dari sebuah lelucon yaitu SETUP dan PUNCHLINE.. Ini luar biasa penting. Set-up = bagian yg tidak lucu, sedangkan punchline = bagian yg lucu. Ini adalah kerangka dasar sebuah jokes. Contohnya begini. Berikut adalah jokes Mitch Hedberg yg akan digunakan sbg contoh, yg dia katakan pada saat stand up comedy dalam CD Mitch All Together: Jokes-nya adalah: "My fake plants died because I did not pretend to water them.” - Mitch Hedberg. Setup dari jokes tadi adalah: "my fake plants died", sedangkan punchline = "because I did not pretend to water them"..
Ada twist yg membuat kita ketawa pada punchline tersebut. Kita “dibelokkan” oleh punchline-nya, seperti ditonjok (makanya namanya punch)

 (btw, kenapa kita ketawa pd punchline yg asik bs dijelaskan scr filosofis -oleh schopenahuer lebih tepatnya, tp itu lain waktu aja :p). Semua komedian pake struktur ini. Ada yang setupnya panjang, kadang ada yang cuma dua kata, tp konstruksinya sama: Setup - Punchline! Dane Cook contoh stand up comedian yg dikritik karena jokes2nya gak punya punchline, hanya memainkan ekspresi muka dan kata2 kasar..

Gue sendiri dalam menulis, satu paragraf biasanya terdiri dari 3 kalimat setup yang diiringi dgn punchline. Lama2 intuitif kok. Kalau kita tahu tentang setup dan punchline yg dipake oleh standup comedian, lalu apa gunanya dalam menulis komedi?  Dalam mengkonstruksi kalimat dalam sebuah tulisan komedik, kita pake cara stand up comedia: berusaha mencari set up sebanyak mungkin. Pengalaman kita, yg sedih, yg nakutin, yg bikin sakit hati, itu semua tambang emas setup, dan PASTI bisa dicari puchline-nya, asal jeli. Setelah setup ketemu, kita baru berpikir apa punchline-nya? Komedian2 bisa berminggu2 mencari punchline yang pas. Banyak komedian yg nulis stand up comedy-nya ke buku. Bisa kita otopsi jokes2 mereka. Ini latihan yang baik untuk belajar nulis jokes.

Jerry Seinfeld menulis Seinlanguage, George Carlin menulis Brain Droppings, Tim Allen dgn I'm Not Really Here.. Lalu masih banyak lagi. Yang agak beda Ellen DeGeneres, dia menulis My Point Is And I do Have One dengan cara mengembangkan sets yang dia punya menjadi prosa.  Kalau udah jago, kita bisa buat dialog jadi sebuah punchline. Atau buat set-up panjang dalam bentuk adegan visual.. Bisa jadi macem2.

 Nah, next time mau nulis blog yg komedik, novel yg komedik, cari ritme-nya: bisa 2 kalimat 1 punchline, bisa 1 paragraf 1 punchline. Intinya, dasar komedi = SETUP dan PUNCHLINE yg baik. Banyak2 bedah jokes standup comedian, lalu praktekkan sendiri dlm tulisan. Jokes dalam tulisan harus asosiatif (dgn setup-punchline), bukan slapstick kayak tulisan "gue jatoh dr tangga".. Kenapa? Karena dgn jokes yg asosiatif akan membuat pembaca berpikir sendiri sebelum tertawa, jatuhnya lebih memuaskan buat pembaca. Membaca adalah proses discovery, lelucon yg kita tulis jg harus memberikan itu buat pembaca, ada sense of discovery-nya. :)

Udah ah segitu doang. Sana buka youtube, cari2 video standup comedy.. Ada punya gue juga lho.. :p (sekalian iklan)

Saturday, May 14, 2011

Balada Malam Minggu

Sabtu sore. rencana malam mingguan sudah ditetapkan oleh tiga sekawan (aku, dan dua kawanku)
 atau nama kerennya The Terrific Three (walaupun org lain dengan sadis menyebutnya trio macan, 
TER-LA-LUU!), 
semuanya laki2 tentunya, kami sering nongkrong bareng dan jalan bareng.
 tapi tidak yg seperti yg anda pikirkan, bukan homo, sekali lagi KAMI BUKAN HOMO!!
Rencana kami awalnya nobar (nonton bareng) pertandingan sepak bola Persiraja dengan
 Persiram.
dukung siapa? tentu saja Persiraja, Aceh sudah ada di darah kami, perlu diketahui Persiraja itu 
tim bola dari Aceh, Banda Aceh.


Malam minggu ini, kayaknya seluruh keluargaku ga da dirumah. Ibu ama adek bungsu yg laki, 
travelling ke luar 
kota (baca: Euntat Linto-->cuma org Aceh yg ngerti). Dua adek-kembar-cewek ane pigi ke 
pameran. 
dan bapak ane, biasanya jam 11 baru pulang, yah ngopi ama kawan2nya.
 yes! we are a big family.


Awalnya itu bukan masalah bagi saya, saya juga akan keluar dan ga jd anjing penjaga rumah 
(tp di Aceh ga ada anjing yg jaga rumah, mungkin sapi, sapi jaga rumah? emangnya ada? 
ga usah dibahas nanti jadi panjang).


namun rencana itu dibatalkan, satu dari The Terrific Three (bole juga beh, trio macan, puas?) 
ga bisa pigi, 
dia halangan (tp dia bukan PMS, dia laki2 bapak2).
TIIDAAAAKK!!! aku ga mau jd sapi penjaga rumah, aku ga cocok jd sapi, aku kurus,
 mungkin jd jenjorang penjaga rumah bisa, tapi sekali lg tetap: TIIDAAAKK!!!
bisikan setan mulai merasuki hatiku yg suci, aku segera menelpon si anggota 3T 
yg bukan ga bisa datang.
berhasil, bisikanku di telpon menghipnotisnya, dia setuju nobar walau cuma 2 org, 
walaupun ga reme, ga seru, 
tapi dia terbujuk menemani calon jenjorang penjaga rumah ini. Haahaha, rencana ane berhasil.


***
pertandingan telah memasuki babak dua ketika kami datang, persiraja telah kebobolan satu angka,
 "OOO" penonton kecewa. persiraja tak menyerah untuk memasuk kan gol, 
namun kembali Persiram membobol gawang persiraja di menit2 terakhir, 
"OOOOOO" penonton semakin kecewa.


***
pulang ke rumah, baru sadar kalo ada tugas presentasi yg belum ppt-nya, 
aduuuh! mana deadline-nya hari senin lagi. 
buat Powerpoint dengan mata tinggal segaris.
dan satu lagi masalah: internet sungguh menggoda! 
betul kah hal itu kawan? 
betul! karena godaan tersebut lah postingan ini lahir.
saatnya kembali ke tugas powerpoint-nya...
eits! minum kopi dulu, I need You, Kafein...! comes to my mouth..

Wednesday, May 11, 2011

Postingan Orang Bodoh

 di sekolah ketika sedang stuck dgn pelajaran fisika, teman saya memberikan pertanyaan sotoy kpd teman saya yg satu lagi.
    'kamu pilih blo-on apa o-on?' tanya si teman.
    'ga pilih dua2nya!' jawab si teman satu lagi.
untungnya pertanyaan tersebut ga ditanyakan ke aku, dan kalo ditanya ke aku, mungkin aku ngejawabnya gini: 'aku pilih dua-duanya.'
kalian heran kenapa aku akan jawab begitu? menurutku org bodoh setidaknya memiliki beberapa kelebihan dibandingkan orang pinter (bukan orang pinter yg sejenis: paranormal, dukun, dll).
these are what i call 'kelebihan orang bodoh drpd org pinter' :
1. Orang bodoh lebih berani.
kalian tahu kan, yg paling ditakuti org2 pinter? ya! mereka takut menjadi bodoh. Sedangkan orang bodoh sama sekali tidak takut untuk menjadi pinter.

2. Lebih Bahagia
Orang bodoh susah  mendapat kerja.  dia akan berbahagia jika mendapatkan pekerjaan apa saja demi sesuap nasi. Orang pandai memerah otak untuk mendapat ijazah supaya senang mendapat kerja.



3. Lebih Berkuasa
Orang bodoh tidak tahu menulis dan menghitung, maka disuruh orang pintar untuk membuatnya.


***
Intinya, menjadi orang pandai itu bukan segalanya. Semarakan orang bodoh di dunia! perbanyak koloni kita!  hidup org bodoh! Darah itu Merah! pelangi itu Mejikuhibiniu! Yeah!!


*Jangan dipraktekkan dalam kehidupan, pernah ada satu korban pengen jd bodoh dan sekarang dia menjadi tukang ojek yg anda naiki barusan*


Besides that all, "Belajarlah serajin mungkin, jadilah seorang studyholic, orang yg pandai akan mendapatkan pekerjaan yg hebat. orang yg memiliki perkerjaan hebat akan memiliki istri yg cantik."


istri yg cantik siapa ga mau? skarang, mau jd pandai?

Saturday, May 7, 2011

TAMUJ (musuhya jerawat)


kenapa aku telat sadar ya? mungkin ini telah menjadi semacam sindrom pada diriku. misalnya ketika ditanya guru,"Kautsar! bisa jelaskan mengapa ini bisa menjadi itu?". saya akan kebingungan,"euhm...itu..ehm..karena....sepertinya...saya tidak tahu bu!". iya iya, saya emang idiot. tapi entah knapa saya sering kepikiran tentang pertanyaan tadi, dan baru akan menemukan jawabannya beberapa jam kemudian. mungkin otak saya bisa diumpamakan dengan koneksi internet wireless di suatu cafe pada hari minggu, loadingnya lama.

Inilah yg terjadi ketika miniatur gunung berapi mulai memenuhi muka saya. saya sering tidak memedulikan muka saya, karena saya pikir,"saya emang udah ditakdirin jelek, mau ganteng? mungkin baru bisa kalo udah minum gantengin."
jangan salah kira! ini bukan muka saya!















ketika rambut mulai panjang seharusnya saya sadar, jidat yg tertutupi poni merupakan lahan subur buat jerawat. namun...yah, saya baru sadar ketika krakatau2 tersebut aktif. saya penderita sindrom-otak-loading-lama.

supaya kawan-kawanku sekalian tidak menderita masalah jerawat, lebih lakukan pencegahan. kalian tidak akan kesulitan mencari tahu bagaimana caranya. karena saya yg mempunyai pengalaman dalam bidang ini akan menghadirkan...JREENG!!..JreeNG!!: Tips-Ampuh-Mandraguna-Untuk Jerawat (TAMUJ)
oke inilah TAMUJ:
1. Mencuci wajah 2 kali sehari
Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Namun ingat..jangan mencuci wajah apalagi menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.
2. Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.
3. Minum air putih
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.
4. selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur.
Selalu cuci muka anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.
5. Sering-seringlah makan sayur dan buah.
sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.
6. Tidur yang cukup dan teratur.
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kembali segar.



Tuesday, May 3, 2011

Insomnia...oh..insomnia..

aku  : *melangkah kedalam kelas*
teman : siapa yg menang ?!! hah! siapa?!
aku : hah! *heran*
teman : Sar! tadi malam kau nonton bola kan ? siapa yg menang?
aku : nonton bola pala lu peang !! mata aku gini bukan karena nonton bola, tp ga bisa tdor dodol!


well, itulah yg terjadi ketika aku masuk kesekolah tiap hari senin. dengan kantung mata yg mengendor, membuat mereka (teman2 saya) mengira saya bergadang. padahal, saya seorang penderita Insomnia setia.Ngantuk sih ngantuk tetapi saya tetap tidak bisa tidur, meskipun sudah baca buku, nonton tv, tetap nggak bisa tidur. sulit tidur sudah pasti menganggu saya. tubuh jadi kurang fresh, stamina drop, dan aktivitas pun ikut kena efek ga enaknya.


aku tahu salah satu dari kalian pasti pernah mengalaminya juga kan. sebagai orang yg peduli kepada yg senasib, aku akan berbagi cara mengatasi insomnia ala Prof. Dr. Al-Kautsar.


ok, here goes:

Dibawah ini adalah gejala-gejala dari insomnia:
  1. Sukar untuk memulai tidur dan lama tidak bisa memejamkan mata.
  2. Mudah tertidur tetapi bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur kembali.
  3. Sering terbangun di tengah malam sehingga sering mengantuk di siang hari.
Penyebab-penyebab yang paling umum yang sering terjadi:
  1. Stres di rumah atau tempat kerja
  2. Perubahan pola hidup, pindah rumah misalnya.
  3. Lingkungan yang ramai sehingga tidak nyaman untuk tidur
  4. Penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak nafas atau sering buang air kecil
  5. Pertambahan usia
  6. Cemas dan depresi
  7. tegang
cara mengatasinya dan hal-hal yang perlu dilakukan:
  1. Usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
  2. Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruang sesuai kehendak
  3. Jangan memikirkan masalah kehidupan sehari-hari, sisihkan masalah anda.
  4. Olahraga ringan pada sore hari bisa membantu, tetapi jangan melakukanya saat sebelum tidur.
  5. Hindari minum kopi, alkohol, atau merokok sebelum tidur.
  6. Hindari kebiasaan tidur siang
  7. Jika masih tidak bisa tidur, jangan hanya berbaring dan mencemaskanya. Bangun untuk membaca buku, mendengarkan musik lembut, minum susu hangat, dan kemudian coba tidur kembali.
  8. Jika berlangsung setiap malam dan mengganggu aktifitas sehari-hari, hubungi dokter.
  9. jangan terlalu larut dalam masalah
  10. coba untuk merefresh otak anda agar supaya terhindar dari fikiran-fikiran yang membebani hidup anda dan membuat anda sulit untuk tidur.
hal2 diatas itu sedikit membantu aku dalam menghadapi insomnia. semoga berguna juga untuk kalian.

Wednesday, April 27, 2011

pesan kepada aL4y

Facebook dan Twitter, kedua-duanya jejaring sosial yg bagus. namun, ada hal yg membuat aku keganggu. yaitu ketika ngeliat alay-alay yg banyak berkeliaran. yg pasti, bahasa yg mereka gunakan sangat rancu, misalnya 'cEmungudh eaa' aku baru tau kata itu artinya 'semangat ya' setelah banting tulang, peras keringat dan pompa kentot selama berbulan2.
Yang kedua, adalah foto-foto profile mereka yang ada di Facebook atau Tiwtter, pasti gayanya di antara: 1) foto dengan telunjuk nempel di bibir, 2) bibir manyun-manyun kayak mau nyium kamera, atau 3) jari tangan membentuk huruf “O” nempel di mata.


ketika aku surfing eternit, secara ga sengaja nemuin ini:
ini si alay yang SMS:
pAk mArio, q llsN d3 AktNs-
pi dh 3 tN cri krj ditlAk trs- Np y pAk?


Truz dibalas pak mario teguh kekk gini.. :D

Adikku yang hidupnya sedang dipimpin
oleh yang dirasakannya benar,
...perhatikan ini:

Mudah-mudahan resume mu
tidak kau tulis dengan singkatan
seperti orang lain tak penting bagimu,
dan seolah engkau sangat sibuk,
dan mengharuskan orang lain mengerti
maksud dalam tulisanmu yang
mempersulit pengertian.

Wakililah dirimu dengan lebih baik.

Mario Teguh



gimana bersedia insafkah anda?

Postingan apa ini ?! Wadefak!

"long weekend will be ended..."

JANGAN!! percayalah, jangan lakukan apa yg ingin anda lakukan sekarang. kamus, google translate, semuanya tak akan bisa menerjemahkan kata2 bahasa inggris dengan grammar asal-asalan itu. sori-sori-menyori. Maksud hati ingin mengatakan ,'libur panjang sudah berakhir,' malah yg tertulis kaga tau apa.


cukup mengosipkan saya yg idiot berbahasa inggris, kembali ke jalan yg lurus. Well, liburan saya berakhir mengenaskan,sangking mengenaskannya sehingga menjadi sesuatu yg keremehannya luar biasa. hari yg seharusnya dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit otak mencret akibat pelajaran yg diluar jangkauan. malah hanya menambah jam tidur saya, terlalu anda(yg terlalu itu kamu, bahlul!).  semua produk mempunyai efek samping, dalam hal ini mata saya yg menjadi korban. sungguh tragis, mata yg terkena sengatan taawon pun tak separah ini, oh nasiib....


disamping itu semua, liburan ini lumayan bermanfaat. saya bisa menghabiskan beberapa buku yg telah saya beli atau rental. so far so good, sampe akhirnya petaka tersebut datang, JRENG! JRENG! JREENG!!
sebuah sms masuk ke inbox hape saya (ya, saya punya sebuah hape bulukan), gini pesannya:

hei Sar! gmna tugas liburan-a, lancar? o ya kmu kn rajin psti dah siap. hari senin bagi2 ya.




DEG!! KAMPRETT!!aku  belum buat apa-apa. 
lebih baik sekarang saya cari tali atau baygon. selamat tinggal.