Friday, March 16, 2012

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 di Gampong Jeumpet

Rabu lalu, pada 8 februari 2012 Gampong (Desa, Aceh) Jeumpet mengadakan Keunduri Maulid disusul dengan Dakwah Maulid di malam harinya.

RABU PAGI: PERSIAPAN
 Mulai dari sekitaran pukul 8, warga Gampong Jeumpet telah bergotong royong untuk mempersiapkan acara maulid ini. Mulai dari pemasangan tenda, menghias mimbar untuk penceramah, serta memasak kuah untuk disantap bersama sore nanti.

RABU SIANG
Setelah warga telah capek bekerja, saatnya makan siang.

Kemudian tiba rombongan Grup Damul Fata  dari Dayah Raudhatul Mubarakah, yang akan membaca like Maulid nantinya. Kedatangan mereka langsung disambut dengan hidangan makan siang.

telah selesai makan, mereka langsung berkumpul secara melingkar dan mulai melantunkan likee maulid, mulai dari yang berbahasa Aceh sampai yang berbahasa Arab. Dari siang hingga waktu ashar, seluruh penjuru Gampong Jeumpet terus diperdengarkan  dengan lafadz puji-pujian kepada Nabi Muhammad yang merdu tersebut. 

 


RABU SORE
Para warga mulai menghantarkan hidangan yang mereka siapkan masing-masing di rumah untuk dibawa ke Meunasah. Dan para tamu dari gampong-gampong tetangga pun mulai berdatangan. Setelah itu, saatnya makan keunduri bersama!





Angkot! Go!
Saling tolong-menolong


PARA TAMU BERDATANGAN




Rombongan tamu dari Gampong Ajun Guci
Rombongan tamu dari Gampong Beutong

Menyambut kehadiran para tamu

MARI MAKAN!







RABU MALAM/ MALAM KAMIS
Beberapa saat setelah melaksanakan shalat isya berjamaah, dimulailah acara puncaknya. Protokol mulai membaca urutan pelaksanaan acara.
1. Pembacaan Shalawat Nabi. 

     
"Kepada penonton diharapkan berdiri sejenak untuk sama-sama bershalawat kepada Nabi SAW."      

2. Pembacaan Ayat Al-Qur an.

3. Kata sambutan dari Pak Geuchik (kepala desa, Aceh).

4. Acara Utama, Dakwah Maulid oleh Tgk. Abdul Wahid bin Abdul Wahab dari Aceh Tamiang.










Antusiasme para warga begitu besar.







Sekian laporan langsung oleh saya, Nurul Kautsar, dari tempat kejadian perkara. Maaf telat sekali.









0 komentar:

Post a Comment

Bagi Pembaca yg tidak memiliki Google Account (bukan blogger), bisa anda gunakan format Name/Url. Masukkan nama anda di kolom Name dan masukkan url home Facebook atau TL twitter anda di kolom Url. Terima Kasih.