Tuesday, May 3, 2011

Insomnia...oh..insomnia..

aku  : *melangkah kedalam kelas*
teman : siapa yg menang ?!! hah! siapa?!
aku : hah! *heran*
teman : Sar! tadi malam kau nonton bola kan ? siapa yg menang?
aku : nonton bola pala lu peang !! mata aku gini bukan karena nonton bola, tp ga bisa tdor dodol!


well, itulah yg terjadi ketika aku masuk kesekolah tiap hari senin. dengan kantung mata yg mengendor, membuat mereka (teman2 saya) mengira saya bergadang. padahal, saya seorang penderita Insomnia setia.Ngantuk sih ngantuk tetapi saya tetap tidak bisa tidur, meskipun sudah baca buku, nonton tv, tetap nggak bisa tidur. sulit tidur sudah pasti menganggu saya. tubuh jadi kurang fresh, stamina drop, dan aktivitas pun ikut kena efek ga enaknya.


aku tahu salah satu dari kalian pasti pernah mengalaminya juga kan. sebagai orang yg peduli kepada yg senasib, aku akan berbagi cara mengatasi insomnia ala Prof. Dr. Al-Kautsar.


ok, here goes:

Dibawah ini adalah gejala-gejala dari insomnia:
  1. Sukar untuk memulai tidur dan lama tidak bisa memejamkan mata.
  2. Mudah tertidur tetapi bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur kembali.
  3. Sering terbangun di tengah malam sehingga sering mengantuk di siang hari.
Penyebab-penyebab yang paling umum yang sering terjadi:
  1. Stres di rumah atau tempat kerja
  2. Perubahan pola hidup, pindah rumah misalnya.
  3. Lingkungan yang ramai sehingga tidak nyaman untuk tidur
  4. Penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak nafas atau sering buang air kecil
  5. Pertambahan usia
  6. Cemas dan depresi
  7. tegang
cara mengatasinya dan hal-hal yang perlu dilakukan:
  1. Usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
  2. Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruang sesuai kehendak
  3. Jangan memikirkan masalah kehidupan sehari-hari, sisihkan masalah anda.
  4. Olahraga ringan pada sore hari bisa membantu, tetapi jangan melakukanya saat sebelum tidur.
  5. Hindari minum kopi, alkohol, atau merokok sebelum tidur.
  6. Hindari kebiasaan tidur siang
  7. Jika masih tidak bisa tidur, jangan hanya berbaring dan mencemaskanya. Bangun untuk membaca buku, mendengarkan musik lembut, minum susu hangat, dan kemudian coba tidur kembali.
  8. Jika berlangsung setiap malam dan mengganggu aktifitas sehari-hari, hubungi dokter.
  9. jangan terlalu larut dalam masalah
  10. coba untuk merefresh otak anda agar supaya terhindar dari fikiran-fikiran yang membebani hidup anda dan membuat anda sulit untuk tidur.
hal2 diatas itu sedikit membantu aku dalam menghadapi insomnia. semoga berguna juga untuk kalian.

0 komentar:

Post a Comment

Bagi Pembaca yg tidak memiliki Google Account (bukan blogger), bisa anda gunakan format Name/Url. Masukkan nama anda di kolom Name dan masukkan url home Facebook atau TL twitter anda di kolom Url. Terima Kasih.